Sharing ilmu komputer dan teknologi dari mulai hardware, software, jaringan, troubleshooting , tips dan tutorial

Cara Mengatasi Facebook Android Tidak Bisa Dibuka

Cara Ampuh Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka. Facebook ialah  aplikasi sosial media dengan pemakainya  yang menjangkau jutaan bahkan hingga  milyaran pengguna. Di tahun 2016 Mark, pendiri facebook membuat sejumlah  fitur menarik  pada facebook seperti contohnya  fitur Smile Emoticon yang bisa difungsikan sebagai teknik  untuk mengekspresikan perasaan anda  pada status, foto, atau video yangdiunggah pemakai  lain.

Facebook Tidak Bisa DIbuka

Banyaknya pemakai  facebook di Indonesia ternyata pun banyak juga masalah-masalah pada software/aplikasi facebook android. Pastinya anda  tahu bahwa di samping  di akses pada software browser, perusahaan facebook pun  menyediakan aplikasi bernama facebook dan Facebook Lite. Nah, aplikasi facebook tersebutlah yang terkadang tidak jarang  error, macet, atau tidak dapat  dibuka.

Kenapa Facebook Tidak Bisa Dibuka? Pada umumnya aplikasi seperti facebook merasakan  error pasti hadir  pesan pop up bertuliskan “Sayangnya Facebook Lite Telah Berhenti” atau “Unfortunately Facebook Has Stopped”. Pesan tersebut seringkali  akan membuat aplikasi berhenti secara mendadak atau bahkan tidak dapat  dibuka sama sekali. Hal seperti ini bisa terjadi pada semua merk gadget bahkan brand terbesar sekalipun.

Penyebab umum mengenai aplikasi facebook yang error yakni sebab penuhnya cache atau kapasitas RAM yang telah  penuh. Pengaruhnya tidak tentu terhadap pada aplikasi facebook-nya, tetapi dapat juga pada aplikasi lain seperti Instagram, BBM, Line, Skype, WhatsApp, dan lainnya. Kali ini admin akan memberikan sedikit solusi dan saran agar aplikasi facebook kalian bekerja secara normal kembali.

1 : Reboot/Restart Smartphone
Dengan melakukan muat ulang atau restart/reboot maka semua aplikasi yang berjalan pada saat itu akan terhenti secara dan otomatis oleh sistem. Maka saat Android menyala jangan langsung buka semua aplikasi-aplikasi yang tidak penting karena akan banyak menggunakan RAM jadi sia-sia kalian reboot/restart smartphone kalian.
Facebook Tidak Bisa Dibuka
2 : Clear File Cache Android
Cara kedua yang bisa kamu  lakukan yaitu  dengan menghapus cache aplikasi. Sebenarnya file cache tersebut  sangat baik untuk menambah  performa Android, cache akan sangat bermanfaat  saat kamu membuka aplikasi tertentu, misalnya  saja facebook. Namun penumpukan cache yang terlampau berlebih juga tidak baik. Untuk menghapus file cache Android, silahkan ikuti tahapan  – tahapannya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan > Aplikasi > tap Unduhan > cari software  Facebook, kemudian tap “Hapus Cache”.
Facebook Tidak Bisa Dibuka

3 : Paksa Dan Hapus Data Aplikasi Facebook
Jika cara yang tadi tidak sukses  maka silahkan gunakan cara yang ketiga ini yaitu dengan menghentikan aplikasi secara paksa dan menghapus data dari software tersebut. Menghapus data akan menghapus semua data login, basis data, cache, history, setelan, dan lainnya secara permanen. Untuk cara menghapus data aplikasi facebook silahkan ikuti tahapan  – tahapannya  dibawah ini.

Buka menu Pengaturan > Aplikasi > tap Unduhan > cari software  Facebook, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
Facebook Tidak Bisa Dibuka


4 : Update Aplikasi Facebook
Jika cara yang tadi juga tetap tidak bisa menyelesaikan masalah. Silahkan coba dengan cara ini yaitu dengan memperbarui atau update aplikasi facebook ke versi terbaru. Di samping  mendapat fitur terbaru, software  facebook pun  akan bersih dari error atau mengalami bug-bug tertentu. Kalian bisa update aplikasinya lewat playstore
Facebook Tidak Bisa Dibuka

5 : Install Ulang Aplikasi Facebook
Jika cara  ketiga tidak sukses  maka terpaksa kamu  harus menghapus software  facebook dan menggantinya dengan software  facebook yang baru. Hapus software  facebook, bersihkan cache, restart android, dan barulah kamu  download software  facebook langsung dari Google Play Store secara gratis. Bagi  mencopot software  facebook, silahkan ikuti tahapan  – tahapannya  dibawah ini.

Buka menu Pengaturan > Aplikasi > tap Unduhan > cari software  Facebook, lantas  tap “Copot Pemasangan”.

Supaya dikemudian hari facebook tidak terjadi error lagi, akan lebih baiknya kamu  install software pembersih misalnya CCleaner, Clean Master, CM Security, Go Speed, 1 Tap Cleaner, dan lainnya. Aplikasi semacam tersebut  mampu menambah  performa Android supaya  dapat bekerja lebih ringan dan lebih cepat.


Demikian artikel singkat tentang Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Jika terdapat  sesuatu yang ingin ditanyakan, silahkan komen saja. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Related : Cara Mengatasi Facebook Android Tidak Bisa Dibuka

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Facebook Android Tidak Bisa Dibuka "