Sharing ilmu komputer dan teknologi dari mulai hardware, software, jaringan, troubleshooting , tips dan tutorial

Cara Proteksi Komputer Tanpa Antivirus

 Cara Proteksi Komputer Tanpa Antivirus


Virus merupakan ancaman yang sangat berbahaya bagi komputer. Sebab virus dapat menghilangkan data bahkan sampai merusak perangkat komputer secara permanen. Sayang sekali bukan apabila komputer kita rusak hanya karena virus yang disebabkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk menjaga komputer, cara untuk menjaganya pun sangat beragam misalnya dengan menginstal antivirus tentu merupakan hal yang umum karena hampir semua komputer atau laptop pasti sudah diinstalkan antivirus oleh para distributor. Namun sayang, antivirus memerlukan banyak memory komputer karena  kita begitu tinggi. Sehingga membuat performa komputer kita menjadi lambat.

Oleh karena itu kali ini admin membuat artikel bagaimana caranya agar menjaga/mem-proteksi komputer kita atau laptop kita tanpa harus menginstal antivirus. Hal ini sangat bermanfaat bagi kalian yang memiliki komputer ataupun laptop dengan spesifikasi rendah.

Cara proteksi komputer tanpa antivirus, yaitu dengan mengunci akses write pada hard disk. Langkah-langkahnya yaitu :

Note : Cara ini akan membuat kalian tidak bisa mengisi data lagi pada hard disk kamu

Langkah 1

Buka "Command Prompt" dengan "Run as Administrator".

 Cara Proteksi Komputer Tanpa Antivirus


Langkah 2

Ketikan "DiskPart" lalu tekan "Enter".


Langkah 3

Kemudian ketikan "List Volume" dan tekan kembali "Enter".

 

Langkah 4

Pilih hard disk yang akan diproteksi berdasarkan pilihan volume sebelum ini. Misal disini Jaka ingin memproteksi hard disk D. Maka ketikan "Select Volume 4" dan tekan "Enter", lalu ketikan "Attribute Volume Set ReadOnly" dan tekan "Enter" lagi. Selesai.



Cara ini memang sangat efektif dan ringan pastinya, namun tetap memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut yaitu kamu jadi tidak bisa mengisi data pada hard disk kamu. Namun dijamin baik virus, spyware, malware, ransomware, trojan dan lain-lain tidak akan menginfeksi komputer kalian. 
Cukup sekian saja artikel admin kali ini terima kasih atas kunjunganya semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Related : Cara Proteksi Komputer Tanpa Antivirus

0 Komentar untuk " Cara Proteksi Komputer Tanpa Antivirus"