Sharing ilmu komputer dan teknologi dari mulai hardware, software, jaringan, troubleshooting , tips dan tutorial

Panduan Perlindungan Virus Ransomware

Panduan Perlindungan Virus Ransomware


Panduan Perlindungan Virus Ransomware - Selama beberapa tahun terakhir Anda mungkin telah memperhatikan munculnya jenis ancaman komputer baru dan sangat jahat yang disebut Ransomware. Menurut Kaspersky, komputer terinfeksi dengan uang tebusan setiap 10 detik! Pada tahun 2017 lebih dari 150 negara terkena dampak varian dari ransomware yang disebut WannaCry. Ini benar-benar membuat banyak orang ingin menangis, karena kerusakan yang ditimbulkannya diperkirakan lebih dari 1 MILIAR dolar!

Jadi, bagaimana cara kerja ransomware ini? Mari kita luangkan beberapa saat untuk melihat bagaimana menginfeksi komputer Anda, dan apa yang terjadi setelah itu.

Tahap 1: Infeksi

Ransomware biasanya mencoba menginfeksi komputer Anda melalui dua cara. Yang pertama terinfeksi Lampiran email. Dengan menggunakan teknik yang disebut phishing, hacker dapat mempelajari tentang akun LinkedIn atau Facebook Anda, lalu mengirimkan email kepada Anda sehingga terdengar seperti berasal dari rekan atau teman Anda. Email ini berisi lampiran yang terinfeksi dengan nama yang relevan dengan sesuatu yang akan Anda terima dari mereka. Dengan meneliti Anda dan kebiasaan Anda, hacker membuat email palsu lebih kredibel, dan meningkatkan kemungkinan Anda akan mengeklik lampiran yang terinfeksi.

Cara lain ransomware menginfeksi komputer Anda adalah melalui halaman web yang dikompromikan atau terinfeksi. Dalam hal ini, Anda bisa menerima email, pesan teks di ponsel Anda, atau bahkan LinkedIn atau Facebook postingan dengan link. Jenis pesan atau pos dibuat agar terlihat sah dan memikat Anda untuk mengkliknya, membawa Anda ke halaman web yang terinfeksi. Setelah itu, ransomware di halaman memindai komputer Anda untuk kerentanan. Jika menemukannya, maka ransomware segera menggunakannya untuk menginfeksi komputer Anda.

Tahap 2: Melancarkan Seragan

Saat menginfeksi komputer Anda, hal pertama yang dilakukan ransomware adalah memindai komputer Anda dan setiap media penyimpanan eksternal untuk file, yang penting bagi Anda. Misalnya, file foto, video, musik dan MS Office Anda akan menjadi kandidat hebat. Setelah file ditemukan, baik lokal maupun jaringan, ransomware mengenkripsi mereka dengan kunci rahasianya sendiri. Setelah file dienkripsi, mereka tidak berguna bagi Anda, karena isinya disusun ulang sedemikian rupa sehingga komputer Anda tidak memahaminya lagi, dan tidak dapat membuka file. Perhatikan bahwa file sistem milik sistem operasi biasanya tidak tersentuh. Itu akan membuat komputer Anda tidak bisa dioperasi dan mencegah ransomware melanjutkan ke langkah berikutnya.

Tahap 3: Permintaan Ransom

Setelah ransomware melakukan perbuatan kotor dan mengenkripsi setiap file yang Anda sayangi, itu akan muncul dengan surat tebusan. Dalam surat itu menjelaskan kepada Anda bahwa file Anda dienkripsi dan untuk mendapatkannya didekripsi atau dimasukkan kembali sesuai urutan sebelum dan membuatnya dapat diakses lagi, Anda harus membayar uang tebusan. Soalnya, transfer uang yang sederhana akan mudah dilacak oleh pihak berwenang dan hacker akan tertangkap dengan sangat cepat. Itulah sebabnya hacker datang dengan skema yang lebih jahat untuk menggunakan jenis mata uang lain yang disebut BitCoin. Mata uang ini sah dan digunakan di web untuk transaksi keuangan. Namun, hacker menyukai Bitcoin karena anonimitasnya. Hal ini hampir mustahil untuk melacak transaksi BitCoin membuat pertukaran uang aman bagi hacker dan tidak bisa dilacak untuk kita. Karena kebanyakan dari kita tidak memiliki BitCoin yang tergeletak di sekitar, hacker "dengan sopan mengarahkan" Anda ke situs yang sah di mana Anda dapat membeli BitCoin dengan uang Anda. Kemudian mereka memberitahu Anda ke mana harus pergi untuk membayar dengan BitCoins Anda yang baru dibeli. Sebagai gantinya, peretas harus mengirimkan kunci atau membuat opsi dekripsi ransomware yang tersedia, sehingga Anda bisa mengembalikan file Anda. Uang tebusan yang diminta untuk dibayarkan bervariasi, namun rata-rata harganya sekitar $ 679 senilai BitCoins. Untuk menyampaikan kabar buruk lagi, tidak ada jaminan bahwa setelah Anda membayar, Anda akan mengembalikan file Anda. Ada banyak laporan tentang pengguna yang membayar dan tidak mendapatkan imbalan apa pun! Kedengarannya mengerikan bukan? hacker harus mengirimkan kunci atau membuat opsi dekripsi ransomware yang tersedia, sehingga Anda bisa mengembalikan file Anda. Uang tebusan yang diminta untuk dibayarkan bervariasi, namun rata-rata harganya sekitar $ 679 senilai BitCoins. Untuk menyampaikan kabar buruk lagi, tidak ada jaminan bahwa setelah Anda membayar, Anda akan mengembalikan file Anda. Ada banyak laporan tentang pengguna yang membayar dan tidak mendapatkan imbalan apa pun! Kedengarannya mengerikan bukan? hacker harus mengirimkan kunci atau membuat opsi dekripsi ransomware yang tersedia, sehingga Anda bisa mengembalikan file Anda. Uang tebusan yang diminta untuk dibayarkan bervariasi, namun rata-rata harganya sekitar $ 679 senilai BitCoins. Untuk menyampaikan kabar buruk lagi, tidak ada jaminan bahwa setelah Anda membayar, Anda akan mengembalikan file Anda. Ada banyak laporan tentang pengguna yang membayar dan tidak mendapatkan imbalan apa pun! Kedengarannya mengerikan bukan?

Jadi apa yang harus kamu lakukan? Bagaimana kamu  menghentikan mimpi buruk ini?

Solusinya adalah :

Ada beberapa hal yang mungkin ingin Anda lakukan untuk mengurangi risiko infeksi:

Jaga agar sistem operasi Anda diperbarui

Sudah terbukti secara luas bahwa sebagian besar ransomware menggunakan kerentanan yang ditemukan di sistem operasi seperti Windows 7, 8 dan 10. Dengan memperbarui sistem operasi Anda secara teratur, Anda memperbaiki kerentanan tersebut, jadi saat ransomware mencoba menginfeksi komputer Anda, celahnya ditutup! Pada sistem operasi Windows Anda bisa mengaturnya agar update secara otomatis dan yang harus Anda lakukan adalah me-restart komputer sesekali saat update diaplikasikan.

Memilih dan menginstal solusi antimalware Anda

Perangkat lunak perlindungan Anda memainkan peran besar dalam mempertahankan komputer Anda dari segala jenis perangkat lunak berbahaya (malware) termasuk uang tebusan. Ini dapat mendeteksi perilaku jahat dan menghentikannya sebelum dapat membahayakan. Menjaga solusi antimalware yang tepat dan terupdate mutlak diperlukan untuk menjaga kebersihan dan perlindungan komputer Anda.

Yang Terakhir: Backup

Anda mungkin akan terkejut mendengar bahwa perlindungan terbaik terhadap uang tebusan adalah dengan bersikap proaktif. Alih-alih mencoba memulihkan komputer Anda setelah terinfeksi (yang terbukti semakin sulit akhir-akhir ini) Anda cukup mengembalikannya ke keadaan yang sebelumnya tidak terinfeksi! Anda menyimpan backup seluruh komputer Anda di media eksternal dan terlindungi. Jika komputer Anda mendapat serangan ransomware, alih-alih membayar hacker dan berdoa agar mereka akan mendekripsi file Anda, cukup pulihkan komputer Anda dari cadangan sebelumnya! Ada banyak solusi cadangan di luar sana yang ada di pasaran, yang akan membantu Anda dengan membuat cadangan komputer Anda, namun yang saat ini disebut Acronis. Hal ini dapat membuat cadangan komputer Anda secara komprehensif dan dengan mudah mengembalikannya ke keadaan sebelumnya saat terjadi bencana.

Related : Panduan Perlindungan Virus Ransomware

0 Komentar untuk "Panduan Perlindungan Virus Ransomware"