Sharing ilmu komputer dan teknologi dari mulai hardware, software, jaringan, troubleshooting , tips dan tutorial

Cara Screenshot Panjang di Android dan iOS

Cara Screenshot Panjang di Android dan iOS


Cara Mudah Screenshot Panjang di Android dan iOS - Sebuah Smartphone yang memiliki Sistem Android ataupun iOS pasti memiliki fitur Screenshot. Fitur ini befungsi untuk mengambil gambar dari tampilan layar. Fitur ada teknologi alat komnukiasi saat ini misalnya laptop, komputer bahkan gadget diantaranya Android dan iOS.

Namun fitur screen shot bawaan dari Android dan iOS biasanya hanya dapat mengambil tampilan layar 1 ukuran saja, walaupun sekarang sudah ada beberapa smartphone terbaru android yang bisa mengambil screenshot panjang contohnya HP Xiaomi yang menggunakan versi MIUI 8. Untuk Cara Screenshot Panjang di HP Xiaomi nanti akan saya kasih tau di artikel selanjutnya.

Untuk HP Android atau iOS lainnya terkadang tidak dilengkapi fitur screenshot panjang ini, oleh karena itu jika HP kalian tidak dilengkapi fitur tersebut admin akan kasih tau solusinya Cara Screenshot Panjang. Namun dalam hal ini kita menggunakan aplikasi pihak ketiga. Langsung saja berikut tutorialnya :

For Android
1.  Ada banyak aplikasi untuk me-screenshot layar panjang namun kali ini admin akan share aplikasi yang pernah admin gunakan saja aplikasinya yaitu : LongScreenshot silahkan download dulu aplikasinya

Aplikasi lainnya yaitu:

Note : Untuk pengguna HP  Xiaomi atau Android lainnya yang memiliki aplikasi atau fitur Security, silakan buka terlebih dahulu akses permissions atau perizinan aplikasinya untuk mengizinkan “Display pop-up window” pada aplikasi LongScreenshot agar dapat berjalan. Caranya buka aplikasi security → Perizinan → Aplikasi → LongScreenshot → Allow Tampil jendela pop-up.

Allow Tampil jendela pop-up

2. Buka aplikasi LongScreenshot disitu  terlihat icon tanda +.


Cara Screenshot Panjang di Android dan iOS


3. Selanjutnya buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin kamu screenshot panjang atau ambil gambarnya dan tap icon play untuk mengambil screenshot.





5. Scroll layar ke bawah hingga sesuai screenshot yang ingin diambil. Kemudian tap icon stop untuk selesai
6. Secara otomatis kalian akan dibawa ke gallery LongScreenshot untuk melihat hasilnya. Selesai.





For iOS

1. Silakan download aplikasi berikut ini, pilih salah satu. Namun admin hanya memberikan tutorial menggunakan Slitching..



2.  Jalankan aplikasinya Screenshot Stitching dan buka tampilan layar yang ingin kamu ambil screenshot panjangnya.

Seperti itulah cara mengambil tangkapan layar panjang atau screenshot panjang di android dan iOS. Silahkan kalian coba di hp kalian masing-masing semoga berhasil. Cukup sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih

Related : Cara Screenshot Panjang di Android dan iOS

0 Komentar untuk "Cara Screenshot Panjang di Android dan iOS"