Sharing ilmu komputer dan teknologi dari mulai hardware, software, jaringan, troubleshooting , tips dan tutorial

Cara Agar Laptop Tidak Sleep Sendiri

Cara Agar Laptop Tidak Sleep Sendiri

Cara Agar Laptop Tidak Sleep Sendiri - Sleep artinya adalah tidur, namun dalam hal ini sleep tidak dimaksudkan pada manusia, namun pada laptop. Sleep adalah sebuah fitur yang biasanya ada pada laptop dengan sistem operasi windows 7, 8 maupun 10 yang berfungsi untuk membuat layar laptop atau komputer mati walaupun mesinnya (cpu)nya masih menyala akan tetapi laptop menggunakan daya listrik yang paling rendah saat laptop tidak digunakan dalam waktu tertentu dan tidak dimatikan (shutdown).
Biasanya laptop yang baru dibeli, atau baru di instal ulang laptop tersetting sleep dalam waktu tertentu misalnya 10menit. Artinya jika 10menit laptop kalian tidak dipakai, maka akan secara otomatis layar akan mati dan laptop menggunakan daya yang paling terendah sehingga bisa menghemat baterai. Power akan dipotong dari semua komponen komputer; layar, hardisk, port dan semua peripheral yang terpasang dan akan tetap dialirkan ke RAM. Ini dikarenakan semua aktifitas yang kamu lakukan di komputer tetap disimpan pada RAM. Tapi kalau sampai Power terputus dari RAM, seperti misalnya listriknya mati, maka semua aktifitas tadi di komputer kalian akan hilang. Semua aktivitas tadi yang kalian lakukan akan sia-sia kalau sebelumnya belum disimpan. 

Jadi kadang-kadang kalau kita melakukan sebuah aktivitas yang tidak ingin hilang misalnya kita men-download file dengan size besar tentu kita membutuhkan banyak waktu agar komputer atau laptop tetap menyala dan bekerja normal. Oleh karena itu kalian harus mematikan fitur sleep ini, kalian ingin menonaktifkan fitur ini namun tidak tahu bagaimana caranya? Kali ini admin akan memberikan sebuah tutorial agar Laptop Tidak Sleep  Secara Otomatis.


Note : Cara ini admin menggunakan windows 7, untuk windows lain kurang lebih caranya sama.


1. Pertama adalah klik icon baterai di bawah pojok kanan > More options 

Cara Agar Laptop Tidak Sleep Sendiri

2. Kemudian di panel sebelah kiri klik Choose when to turn off the display

Cara Agar Laptop Tidak Sleep Sendiri

3  Kemudian atur waktu pada Put the computer to sleep  menjadi Never > Save Changes.
 Berarti nanti laptop kalian tidak akan mati secara otomatis namun layar tetap padam karena Dim teh display dan Turn off display masih aktif dalam beberapa waktu. Namun jika kalian ingin laptop tetap menyala 100persen meski ditinggal dengan waktu yang lama maka aturlah menjadi Never semua, namun resikonya baterai akan boros. 

Cara Agar Laptop Tidak Sleep Sendiri

Seperti itulah cara agar komputer atau laptop tidak sleep sendiri meski ditinggal dalam waktu yang lama. Cukup sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat, terimakasih.

Related : Cara Agar Laptop Tidak Sleep Sendiri

1 Komentar untuk "Cara Agar Laptop Tidak Sleep Sendiri"

akhirnya nemu juga tutorialnya,
dari kemaren ngerasa aneh laptop ditinggal bentar mati mulu.