Sharing ilmu komputer dan teknologi dari mulai hardware, software, jaringan, troubleshooting , tips dan tutorial

Komponen CPU Beserta Fungsinya

Komponen CPU Beserta Fungsinya - Komputer adalah perangkat yang sering kita temui dan bahkan kita gunakan sehari-hari. Komputer dapat membantu kita dalam melakukan tugas seperti tugas sekolah, pekerjaan maupun kita yang sering bermain game online.

Semua orang menganggap bahwa komputer hanya memiliki 4 komponen yaitu mouse, keyboard, monitor dan CPU. CPU adalah perangkat komputer yang terpenting karena tanpa adanya CPU maka komputer tidak akan menyala. Namun pada dasarnya komponen PC atau komputer ini ada banyak.

Oleh karena itu admin kali ini akan memeberi tahu apa saja komponen yang ada didalam PC atau komputer. 

1. MotherBoard
Komponen CPU Beserta Fungsinya
Komponen yang pertama dan paling utama adalah Motherboard. Motherboard, adalah komponen utama dalam CPU, fungsinya adalah tempat meletakan atau memasang komponen-komponen CPU lainnya. Misal : Proceccos, RAM, VGA Card, LAN Card atau komponen yang lain 

2. Power Supply
Komponen CPU Beserta Fungsinya
Komponen berikutnya adalah power supply. Power Supply berfungsi untuk menyuplai tegangan listrik ke komponen lain yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard 

3. Proccessor
Komponen CPU Beserta Fungsinya

Setelah ada power supply, komponen selanjutnya adalah Proccesor. Prosessor, disebut otaknya komputer dan pusat pengendali komputer, processor adalah komponen yang utama juga selain motherboard, tidak ada processor komputer tidak akan bekerja. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol jalanya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer. Fungsi processor adalah melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Jenis processor ada dua, yaitu jenis Socket dan jenis Slot.

4. RAM
Komponen CPU Beserta Fungsinya
Berikutnya adalah RAM. RAM adalah alat penyimpanan dara yang bersifat sementara. Maksudnya adalah ketika kita sedang menjalankan process, RAM akan menyimpan data dari process kita tersbut. namun jika kita menghentikan procces tersbut, atau jika komputer dimatikan, maka data tersebut akan hilang.

5. Harddisk
Komponen CPU Beserta Fungsinya
Berbicara komponen yang bertugas untuk menyimpan data, selain RAM ada juga komponen yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen, yaitu Harddisk/HDD. Hardisk adalah media penyimpanan data dalam kapasitas yang besar dalam komputer dan bersifat permanen.

6. SoundCard
Komponen CPU Beserta Fungsinya
SounCard adalah komponen yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Tanpa adanya SoundCard, komputer tidak akan bisa mengolah data berupa audio/suara.

7. Heatsink Fan
Komponen CPU Beserta Fungsinya
Pada dasarnya, processor bekerja dengan frekuensi yang sangat cepat. Nah dalam masalah ini di butuhkanlah sebuah komponen pendingin untuk processor. Heatsink, adalah salah satu perangkat pendingin yang biasa dipakai untuk mendinginkan processor.

8. VGA Card
Komponen CPU Beserta Fungsinya
Meskipun banyak komputer yang sudah tersedia VGA onboard (VGA bawaan motherboard) tetapi VGA Card tambahan dapat menghasilkan performa komputer menjadi lebih baik.

9. LAN Card
Komponen CPU Beserta Fungsinya
Sama halnya dengan VGA Card, LAN Card juga bersifat tambahan, apabila di motherboard tidak ada LAN Onboard maka kita perlu LAN Card karena berfungsi agar kita mau dihubungkan ke komputer / jaringan melalui kabel UTP

10. Optical Disk Drive (CD/DVD ROM)
Komponen CPU Beserta Fungsinya
CD/DVD ROM sifatnya sunah, artinya tidak begitu penting. Karena tidak adanya DVD Rom pun komputer tetap akan menyala. Tapi jika kalian ingin memutar video/musik atau film yang ada di DVD ya kalian perlu memasang DVD ROM

11. Batreai CMOS

Komponen ini termasuk penting, karena fungsi batreai CMOS adalah menyimpan pengaturan BIOS dan waktu. Jika waktu komputer tidak tetap maka akan bisa berakibat fatal.

12. Casing
Komponen CPU Beserta Fungsinya
Setelah adanya tempat untuk meletakan/memasang berbagai komponen, kali ini ada tempat untuk menutupi dan meletakan komponen-komponen hardware, komponen tersebut adalah Casing. Casing adalah tempat untuk meletakan komponen hardware. Misalhnya : Motherboard, FloppyDisk, CD-ROM, HardDisk. atau yang lainnya.


Nah cukup segitu aja sobat yang saya tahu tentang komponen CPU dalam komputer, mungkin itu kurang lengkap, masih ada lagi komponen yang belum saya tuliskan. Tapi itu adalah komponen yang terpenting dalam CPU.
Cukup sekian sobat, terima kasih telah membaca. Sampai Jumpa, jangan lupa like and share.

Related : Komponen CPU Beserta Fungsinya

0 Komentar untuk "Komponen CPU Beserta Fungsinya"