Sharing ilmu komputer dan teknologi dari mulai hardware, software, jaringan, troubleshooting , tips dan tutorial

Pengertian Wi-Fi

Hai vroh, ketemu lagi nih, lagi rajin ngepost nih ane, hehe. Kali ini saya akan menjelaskan tentang WIFI, pasti sobat tau kan apa itu wifi? sebagian besar pasti tau istilah wifi, namun apakah mereka semua tahu tentang pengertian dan kegunaan wifi? nah disini saya akan menjelaskan semua tentang wifi yg saya tahu. okeh langsung saja.



WI-FI

WI-FI merupakan singkatan dari Wirelless Fideslity, yaitu standar atau bisa disebut aturan yg digunakan untuk 'Jaringan Lokal Nirkabel' WLAN-Wireless Local Area Network dengan spesifikasi IEEE 902 11. Frekuensi wi-fi adalah : 2.4GHz, 5.9GHz,(tidak berlisensi). 
Hal ini komputer dengan kartu nirkabel (wirelless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung ke internet menggunakan titik akses (hotspot) terdekat.
Dengan menggunakan WiFi, kita dapat mengakses internet dengan cepat. WiFi mempunyai kemampuan akses internet dengan kecepatan hingga 11 Mbps. Kita tidak membutuhkan kabel untuk terhubung kejaringan WiFi. Namun, kita harus berada pada daerah yang mempunyai sinyal WiFi. Daerah yang mempunyai sinyal WiFi adalah daerah yang berada pada radius 100 meter dari titik akses yang sering disebut hotspot.

Spesifikasi IEEE 802.11 

IEEE 802.11b
Kecepatan             : 5,5MBps - 11MBps
Frekuensi              : 2,45GHz
Metode Transmisi : DSSS (Direct Sequence Spread Spactrum)

IEEE 802.11a
Kecepatan             : 54MBps
Frekuensi              : 5,8GHz
Metode Transmisi : OFDM (Orthogonal Frequency Devision Multiplexing)

IEEE 802.11g
Kecepatan             : 54MBps
Frekuensi              : 2,45GHz
Metode Transmisi : Modulasi OFDM (Orthogonal Frequency Devision Multiplexing)

Related : Pengertian Wi-Fi

0 Komentar untuk "Pengertian Wi-Fi"